Dampak Positif dan Negatif Sosial Media

Perkembangan teknologi berkembang sangat pesat seiring berjalannya waktu baik di negara berkembang maupun di maju khususnya di Indonesia yang termasuk negara berkembang. Media sosial merupakan hal yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Dengan perkembangan zaman hal ini akan mempengaruhi perilaku dan kehidupan manusia masa kini. Maka dengan adanya perkembangan teknologi kita harus bisa menyikapi dan menelaah mana perkembangan media sosial yang baik dan mana perkembangan media sosial yang buruk.

Cara menyikapi perkembangan media sosial yang baik dengan memilih media sosial yang sesuai dengan kebutuhan kita. Untuk menyikapi media sosial yang kurang baik harus kita saring, yang tidak sesuai dengan pribadi kita, kita tinggalkan.

Sekarang ini tidak jarang banyak sekali anak usia dini pandai dan mahir dalam mengakses internet. Bahkan banyak anak-anak di bawah umur memiliki akun-akun media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, Path, Tumblr, dan sebagainya. Serta di dorongnya oleh banyaknya perusahaan yang mengeluarkan berbagai macam merek smartphone yang di mulai dari harga murah sampai mahal. Serta dengan di berikannya fitur-fitur paket internet yang murah meriah dan dapat memberikan kenyamanan dan keluasan bagi penggunanya.

Media sosial bagi para pelajar merupakan hal yang penting tidak hanya sebagai tempat memperoleh informasi yang menarik tetapi juga sudah menjadi lifestyle atau gaya hidup. Banyak pelajar yang tidak ingin di anggap jadul karena tidak memiliki akun media sosial. Media sosial bagi para remaja biasanya di gunakan untuk mengekspresikan diri dan media sosial juga bisa di jadikan sebagai tempat untuk menghasilkan uang.

Besarnya dampak media sosial tidak hanya memberikan dampak positif tetapi juga memberikan dampak negatif kepada manusia terutama dampaknya bagi interaksi sesama manusia yang saat ini telah di pengaruhi media sosial. Media sosial sedikit demi sedikit membawa kita ke suatu pola budaya yang baru dan mulai menentukan pola pikir kita . Media sosial dapat membuat seseorang menjadi ketergantungan terhadap media sosial.

Media sosial telah menjadi bagian dari pengalaman tumbuh masyarakat terutama para remaja. Remaja di seluruh dunia begitu lekat dengan media sosial. Mereka terus berkomunikasi lewat media sosial, bahkan pada saat makan dan berjalan. Waktu yang dihabiskan untuk media sosial sering kali lebih banyak dibandingkan dengan waktu yang dihabiskan untuk belajar atau berkumpul bersama keluarga. Berbagai hal menjadi alasan media sosial begitu mampu menarik bagi para remaja.

Peg Streep, seorang pemerhati tren digital dan remaja, menuliskan empat alasan utama remaja menjadi maniak media sosial, seperti dilansir dalam situs psychology today

  1. Mendapatkan perhatian
  2. Meminta pendapat
  3. Menumbuhkan citra
  4. Kecanduan

Menurut Tim pusat Humas Kementerian Perdagangan RI dalam buku panduan optimalisasi media sosial (2014) ciri- ciri media sosial antara lain :

  1. Konten disampaikan dibagikan kepada banyak orang dan tidak terbatas
  2. Isi pesan muncul tanpa melalui suatu gatekeeper dan tidak ada gerbang
  3. Isi disampaikan secara online
  4. Konten diterima secara online
  5. Penggunaannya sebagai kreator
  6. Dalam konten terdapat sejumlah aspek fungsional

Dampak positif penggunaan media sosial memberikan kemudahan dalam berkomunikasi, baik teman, saudara dan family. Sebagai media penyebaran informasi, memperluas jaringan, sarana pengembangan keterampilan, komunikasi, media promosi dll.

Sementara dampak negatifnya membuat susah bersosialisasi, mementingkan diri sendiri, terlupakan bahasa formal, mengurangi kinerja, berkurangnya privasi pribadi, kejahatan dunia maya, pornografi


Ditulis oleh:

  • Dina Fawziah Samosir
  • Monalisa
  • Nur Hasanah
  • Rodiah Hannum

(Kelas XI MIA Putri SMAIT Darul Hasan)

Bagikan ini ke :